Penyakit Infeksi Otitis Media Kronis pada Telinga

by Unknown , at February 13, 2013


Definisi Penyakit Otitis Media Kronis

Penyakit Otitis Media Kronis merupakan suatu jenis infeksi yang terdapat pada telinga bagian tengah.

Penyebab Penyakit Otitis Media Kronis

Infeksi ini timbul disebabkan oleh adanya lubang pada gendang telinga. Lubang pada gendang telinga diakibatkan oleh adanya penyumbatan tuba eustakius, otitis media akut, cedera yang disebabkan karena masuknya benda asing ke dalam telinga secara tiba-tiba, dan juga karena luka bakar akibat panas atau dapat juga karena zat kimia.

Gejala Penyakit Otitis Media Kronis

Penyakit Otitis Media Kronis ini mempunyai gejala yang bervariasi, diantaranya perforasi sentral, yaitu lubang yang terdapat pada bagian tengah gendang telinga. Dari perforasi ini otitis media kronis dapat terjadi atau kambuh setelah infeksi pada bagian tenggorokan, hidung dan juga telinga pada saat mandi kemasukan oleh air. Penyebabnya tidak lain adalah bakteri. Dari dalam telinga tersebut akan mengeluarkan nanah yang disertai bau busuk. Apabila terdapat infeksi yang menetap dapat menyebabkan rusaknya tulang-tulang pendengaran atau tulang-tulang kecil pada telinga tengah yang dapat mengantarkan suara dari telinga luar.
Selanjutnya perforasi marginal, merupakan lubang pada gendang telinga yang terdapat pada pinggirannya. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya tuli disertai keluarnya nanah.

Mungkin juga dapat terjadi komplikasi yang cukup serius, salah satunya yaitu radang pada telinga dalam, selain itu juga adanya pembentukan kolesteatoma. Kolesteatoma dapat menyebabkan rusaknya tulang dan juga mungkin dapat meningkatkan terjadinya infeksi serius.

Penyakit Infeksi Otitis Media Kronis pada Telinga
About
Penyakit Infeksi Otitis Media Kronis pada Telinga - written by Unknown , published at February 13, 2013
Comment disabled

By: Alrief

Copyright ©2013 Senyawa Hati by
Theme designed by Alrif - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->