Membedakan Madu Asli, Murni, Dan Palsu

by Unknown , at October 16, 2017


Membedakan Madu Asli, Murni, Dan Palsu-Madu adalah merupakan minuman alami yang banyak kasiatnya untuk manusia. Perkembangan global yang terjadi dan sedikitnya peternak madu untuk memenui stok pasar, makan produsen mencampur madu dengan air dan lain sebagainya. Madu asli akan terbentuk dari bahan nektar didalam bunga di ambil oleh lebah madu. Di mulut lebah nektar akan bercampur dengan enzim yang dihasilkan oleh lebah itu sendiri. Sampai di sarang keduanya menyatu menjadi madu murni.

Madu asli memiliki warna coklat keemasan. Namun madu palsu juga dibuat dengan warna seperti ini. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membedakan madu asli dan madu palsu.
Madu asli berwarna coklat keemasan dengan warna terang. Untuk lebih jelasnya akan kami berikan cara membedakan antara madu asli dan madu palsu-Membedakan Madu Asli, Murni, Dan Palsu.

Madu Hidup
Tes Madu dengan Air
Madu murni akan sulit menyatu dengan air, madu asli akan cenderung mengendap di bawah bila di masukan dalam gelas berisikan air. Jika di aduk tidak mudah larut.

Tes Metode Kristalisasi

Cara mengujinya dengan menyimpan madu dalam botol, dalam jangka waktu 1-3 minggu. Setelah penyimpanan itu madu asli akan semakin mengental dan membentuk kristal. jika madu palsu tidak akan terjadi endapan atau pengkristalan, madu akan lebih cair dan berair.


Tes Kelengketan
Pengetesan mengunakan dua jari yang di tutup rapat, namun sebelumnya jari di oles mengunakan madu. jika hasil madu asli selama 3 menit madu akan meleleh karena suhu tubuh. sehingga akan susah di bersihkan. Namun bila madu palsu madu semakin lengket.


Tes Madu dengan Tisu

Madu asli hanya memiliki kandungan air yang sedikit, sisanya hanyalah enzim. Jadi bila madu di letakan di atas tisu tidak akan tembus kebawah bahkan menyebar. Madu akan tetap di posisi dimana madu diletakan. Berbeda dengan yang palsu madu akan tembus dan menyebar kemana-mana, itu karena kandungan gula dan air yang banyak.

Tes dengan Pasir
Sifat madu yang memiliki senyawa yang kuat, madu jika diletakkan bersama pasir tidak akan menyebar. Dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk bercampur dengan bahan yang lain. Sedangkan untuk air dan gula, mudah menyatu membentuk media yang ada bisa meresap kedalam partikel pasir.

Tes Rasa Madu
Nektar madu memiliki bermacam jenis rasa dan aroma, karena fermentasi yang dilakukan oleh lebah tidak bisa memisahkan rasa dan aroma hingga menjadi madu, sehingga madu asli tidak akan pernah pudar walupun kemasan sudah di buka lama. Berbeda dengan madu palsu akan pudar dan menyisakan rasa gula bahkan bisa berjamur.

Tes Api
Tes Api adalah cara yang akurat untuk menilai kualitas madu. Madu yang asli memiliki zat mudah terbakar. bila di dekatkan dengan api, akan terlihat meledak, tanpa ada titik didih. Jika madu palsu akan mendidih dan mati jika api terlalu dekat-Membedakan Madu Asli, Murni, Dan Palsu.

Membedakan Madu Asli, Murni, Dan Palsu
About
Membedakan Madu Asli, Murni, Dan Palsu - written by Unknown , published at October 16, 2017, categorized as Asli , Cara , Herbal , HIdup , Khasiat , Madu , Membedakan , Murah , Palsu , Pengertian , Penyakit , Penyembuh , Subur
Next Older Post
Comment disabled

By: Alrief

Copyright ©2013 Senyawa Hati by
Theme designed by Alrif - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->