Penyakit Hiperlipidemia (Kelebihan Lemak )

by Unknown , at February 26, 2013

Definisi Hiperlipidemia


Hiperlipidemia memiliki definisi yaitu tingginya suatu kadar lemak di dalam darah. Lemak sendiri sering disebut dengan istilah lipid, lipid merupakan suatu zat tertentu yang memiliki kekayaan akan energi, lipid berfungsi utama sebagai sumber energi dalam proses pembentukan metabolisme tubuh.


Lemak juga memiliki sel-sel yang berperan sebagai pelindung yang dapat melindungi tubuh dari cidera atau juga cuaca dingin. Jenis lemak utama yang ada dalam darah yaitu kolesterol dan juga trigliserida. Lemak dapat mengikat diri pada protein yang akan terhubung dan sering disebut dengan nama lipoprotein. Pada umumnya lipoprotein yang utama adalah kilomikron, VLDL, LDL, dan HDL. Pada setiap jenis-jenis lipoprotein diatas mempunyai masing-masing peran yang berbeda, dan cara pemecahan hingga cara pembunganya pun ada sedikit perbedaan.

Misal, kilomikron mulanya berasal dari usus yang membawa lemak sejenis tertentu dan telah dicerna dari usus ke aliran darah. Dari situ terdapat suatu enzim yang kemudian akan mengambil lemak dari kilomikron tersebut sebagai energi dan di simpan dalam sel lemak.
Untuk mengatur kadar lipoprotein dalam tubuh dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantanya:


@@    Dikuranginya pembentukan dan jumlah lipoproteins dalam darah

@@    Dalam pembungan lipoprotein dari dalam tubuh seharusnya dilakukan penurunan maupun peningkatan.


Apabila pada suatu tubuh memiliki kadar tubuh yang mungkin tidak normal dalam sirkulasi darah, maka akan menyebabkan suatu masalah dalam jangka yang panjang. Hal tersebut akan menyebabkan resiko terjadinya penyakit arteri koroner dan juga aterosklerosis yang mungkin dapat meningkat pada seseorang yang mempunyai kadar kolesterol yang sangat tinggi.
Penyakit Hiperlipidemia (Kelebihan Lemak )
About
Penyakit Hiperlipidemia (Kelebihan Lemak ) - written by Unknown , published at February 26, 2013
Comment disabled

By: Alrief

Copyright ©2013 Senyawa Hati by
Theme designed by Alrif - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->