Friday, March 29, 2013

Pengertian Penyebab Penyakit Eksim Pada Kulit


Penyakit Eksim
Pengertian Penyakit Eksim
Penyakit Eksim adalah penyakit yang terjadi pada kulit, dalam ilmu kedokteran eksim merupakan penyakit kelainan pada kulit karena kulit tampak meradang dan teriritasi. Daerah peradangan biasanya menyerang pada kulit bagian tangan dan kaki. Jenis-jenis eksim pada kulit dibsgi menjadi dua yaitu eksim atopik dan eksim dermatitis atopik. DAlam kasus ini penyakit eksim menyerang pada anak-anak usia dibawah dua tahun arau masa balita. Bila usia penyakit masih muda penyembuhan penyakit ini sangatlah mudah dan setelah sembuh penyakit ini sangatlah jarang kambuh.

Gejala-gejala Eksim

Gejala awal penyakit eksim biasanya terjadi rasa gatal yang berlebihan. kemudian rasa gataal ini akan menimbulkan tanda kemerah-merahan pada kulit. Klit yang diserang bagian tangan, wajah, lutut, dan kaki. Namun terkadang juga menyerang bagian-bagian lain yang tidak terlihat.

Daerah yang terasa gatal dan berwrna merah akan terasa kering, kemudian menebal dan berkeropeng. Bila penyakit ini menyerang pada orang yang berkulit putih, biasanya daerah yang terasa gatal akan berwarna merah muda, dan bila kering akan berwarna coklat. Dan bila terjadi pada orang yang mempunyai pigmen gelap, eksm akan merubah warna kulit menjadi terang atau bisa membuat sebaliknya.

Penyebab Penyakit Eksim

Dalam kedokteran penyakit eksim belum bisa diketahui akan penyebab yang terjadi, namun dimngkinkan penyebabnya adalah adanya aktifitas daya tahan tubuh yang berlebihan. Hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan dan timbullah bakteri dan iritasi pada kulit. Orang-orang yang sering mengalami penyakit eksim lebih banyak kepada keluarga yang mempunyai alergi atau bersifat menurun.

Di berbagai daerah, penyakit eksim mempunyai pengertian yang berbeda-beda. Ada yang disebabkan karena pengaruh sabun atau deterjen sehingga akan merasa gatal yang berlebihan. Ada juga yang menyebutkan penyakit eksim disebabkan karena bahan  atau alat-alat rumah tangga lainya. Sedangkan untuk gejalanya juga mempunyai banyak fersi. Ada gejala rasa gatal ringan tapi terasa panas atau sebaliknya. Rasa gatal karena infeksi pada saluran pernapasan. Atau gejala-gejala lainnya yang membuat lebih memburuk penderita.

No comments:

Post a Comment

Halo Sehat