Pengertian Dan Gejala Penyakit Hepatitis

by Unknown , at March 06, 2013

Definisi Penyakit Hepatitis


Hepatitis merupakan suatu peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Pada umumnya penyakit ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu hepatitis akut dan hepatitis kronis. Pada hepatitis akut prosesnya berlangsung kurang dari 6 bulan. Sedangkan  pada hepatitis kronis prosesnya lebih dari 6 bulan.


Penyebab Penyakit Hepatitis


Penyakit hepatitis dapat terjadi karena adanya virus utama dari kelima virus penyebab hepatitis, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatiti C, virus hepatitis D, dan virus hepatitis E. Selain kelima virus tersebut yang menjadi penyebab terjadinya penyakit hepatitis, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh karena infeksi dari virus lain. Contohnya seperti infeksi sitomegalovirus, mononukleosis infeksiosa, dan demam kuning. Terdapat juga hepatitis non virus yang penyebab utamanya adalah alkohol dan juga obat-obatan.


Virus yang cara penyebarannya melalui tinja yaitu virus hepatitis A karena biasanya pada penderita kurang menjaga kebersihan. Pada virus hepatitis B cara penularannya dapat melalui darah seperti halnya para pemakai obat-obatan yang cara pemakaiannya menggunakan jarum suntik secara bersama. Virus hepatitis B ini juga dapat terjadi pada ibu hamil yang akan menularkan virusnya kepada bayi pada saat proses persalinan. Virus hepatitis C dapat menjadi penyebab sedikitnya 80% penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh donor darah. Virus hepatitis D dapat menyebabkan virus hepatitis B menjadi jauh lebihberat. Virus hepatitis E, pada virus ini terkadang dapat menyebabkan wabah penyakit seperti pada virus hepatitis A.
Pengertian Dan Gejala Penyakit Hepatitis
About
Pengertian Dan Gejala Penyakit Hepatitis - written by Unknown , published at March 06, 2013
Comment disabled

By: Alrief

Copyright ©2013 Senyawa Hati by
Theme designed by Alrif - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->